Apa itu webinar?
Kata webinar berasal dari “seminar online” atau “seminar berbasis web”.

Saat ini sebagian besar kegiatan pertemuan atau seminar seminar menjalankannya dengan melibatkan interaksi tatap muka. Penyelenggara kegiatan ini memesan tempat, dan peserta harus hadir secara fisik pergi ke lokasi acara seminar ini.

Webinar atau Seminar secara online adalah jenis acara yang berbeda . Pengelola acara seminar memutuskan untuk membuat acara seminar ini dan meng-host webinar secara online. Hal ini dapat memberikan siapa saja yang tinggal di mana saja, di dunia ini untuk berpartisipasi pada waktu yang bersamaan. ( Meskipun tergantung pada perbedaan zona waktu )

Tujuan dari Webinar
Tujuan dari webinar adalah untuk mendidik, menunjukkan, atau mengajar. Meskipun perusahaan B2C dan B2B dapat menggunakan webinar dalam aktivitas pemasarannya , itu adalah taktik yang paling umum digunakan dalam pemasaran B2B .

Elemen webinar
Anda dapat menonton video pendidikan atau video tutorial di internet, tetapi ini tidak berarti anda mengikuti webinar.

Untuk menjadi webinar, acara online harus memiliki tujuh elemen berikut:

1.Acara langsung
Sama seperti acara lainnya, webinar memiliki waktu dan tanggal yang telah ditentukan

Banyak perusahaan membuat video mereka tersedia sesuai permintaan setelah acara. Sehari setelah webinar terjadi, penyelenggara akan mengirimkan semua pendaftar tautan untuk menonton webinar. Ini memungkinkan orang untuk menontonnya di waktu luang mereka; tidak ada yang melewatkan kesempatan untuk belajar.

Namun, masih harus ada waktu ketika streaming langsung terjadi; inilah yang membuat webinar menjadi acara, bukan hanya video

2. Peserta online (yang dapat bergabung dari mana saja!)
Ini adalah sifat lain yang dibagikan webinar dengan acara langsung; Anda tidak dapat memiliki acara tanpa peserta!

Karena webinar dapat dilihat berdasarkan permintaan, Anda tidak perlu sebanyak mungkin peserta, tetapi Anda memang membutuhkannya.

3. Interaksi dan partisipasi
Webinar selalu memiliki cara bagi peserta untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Interaksi dapat mengambil banyak bentuk; kemampuannya tergantung pada jenis perangkat lunak webinar yang digunakan.

Saya pernah menjadi penyelenggara, pembicara atau peserta, setiap webinar yang saya lihat punya waktu untuk tanya jawab. Jarang memiliki webinar tanpa pertanyaan dari audiens.

Banyak webinar memiliki fitur chat / obrolan langsung.

Terkadang inilah pertanyaan yang diajukan; obrolan bersifat pribadi, dan hanya host webinar yang dapat melihat pertanyaan. Di lain waktu, fitur obrolan langsung. Semua peserta dapat melihat komentar di kotak obrolan dan saling merespons.

Unsur interaktif webinar yang menyenangkan lainnya adalah penggunaan survei dan jajak pendapat. Tuan rumah memiliki pertanyaan yang telah ditentukan, dan peserta diberikan beberapa menit untuk menjawab dengan jawaban mereka. Hasilnya kemudian langsung dibagikan di layar.

Untuk membagikan hasilnya dengan begitu cepat, pertanyaan survei webinar tidak bersifat terbuka. Sebaliknya, mereka adalah pertanyaan pilihan ganda atau skala likert (peringkat).

Jika berbagi media sosial didorong selama webinar, peserta dapat bergabung dengan percakapan di Twitter; ini meningkatkan partisipasi lintas saluran. (Dan itu bisa membuat Anda lebih banyak pengikut!)

Elemen-elemen interaktif inilah mengapa lebih baik menghadiri webinar saat siaran langsung. Ya, Anda bisa menontonnya sesuai permintaan di kemudian hari. Tetapi berpartisipasi langsung berarti Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada pembicara, berpartisipasi dalam jajak pendapat, atau berinteraksi dengan peserta lain.

4. Video streaming
Untuk mengedukasi pengunjung webinar, Acara webinar membutuhkan pembicara yang memiliki pengalaman dan keilmuan pada topik tersebut. Dan, definisi webinar berarti ini akan dilakukan melalui video streaming langsung.

Jika Anda belum pernah ke webinar sebelumnya, pertama kali Anda hadir, Anda mungkin berpikir, “Bagaimana cara kerjanya? Bisakah mereka melihatku? ”

Jawabannya adalah tidak; sementara Anda dapat melihat pembicara, mereka tidak dapat melihat Anda. Jadi, jika Anda belum mandi, tampak acak-acakan , anda tidak perlu takut.

Sering kali Anda akan melihat video siaran langsung dari pengeras suara saat disajikan. Bahkan jika tidak, Anda bisa bertaruh elemen visual berikutnya, slide, akan tetap ada.

5. Menggunakan Slide

Sangat jarang menghadiri acara webinar yang tidak memiliki slide. Hanya pembicara acara terbaik dan paling karismatik yang dapat melakukan presentasi yang menarik tanpa bantuan visual.

Jika slide sangat penting untuk acara langsung, mereka menjadi lebih penting di ruang konferensi virtual webinar; peserta tidak merasakan energi yang sama dengan yang mereka lakukan dalam acara tatap muka.

Inilah sebabnya mengapa setiap webinar memiliki slide.

Slide mempunyai efek visual yang membantu proses pembelajaran, slide membantu peserta tetap fokus pada acara tersebut. Jauh lebih mudah untuk terganggu ketika dikelilingi oleh rekan kerja yang cerewet!

Slide Webinar dibuat menggunakan perangkat lunak presentasi seperti PowerPoint, Prezi, atau Google Slide, dan sering kali sangat bermerek.

6. Ada suaranya
Seiring dengan elemen visual dari webinar, masuk akal bahwa peserta juga ingin mendengar apa yang dikatakan.

Inilah sebabnya mengapa host webinar mengupayakan pembicara di webinar menggunakan alat seperti mikrofon. Namun beberapa orang hanya menggunakan komputer mereka dan langsung berbicara menggunakan mikrofon standar laptop.

7. Perangkat lunak webinar
Untuk menggabungkan dan menjalankan semua elemen ini, penyelenggara webinar memerlukan perangkat lunak webinar. Perangkat lunak ini adalah perekat yang menyatukan semuanya, memungkinkan Anda untuk memiliki acara interaktif dengan peserta dari mana saja.

Bagi perusahaan yang ingin membuat webinar tetapi tidak memiliki anggaran besar, mereka dapat memaksimalkan peluang acara ini melalui perangkat lunak webinar gratis .

Mitraklinik menggunakan perangkat lunak yang berbayar dan tidak murah untuk berlangganan perangkat lunak ini sebesar rata-rata 100 USD perbulan.

Bagaimana dengan anda? apakah anda berminat untuk mengikuti webinar dari mitraklinik ?

Salam berbagi pasar

Maulana Adrian

%d blogger menyukai ini: